Jumat, 15 April 2011

Manusia dan Keindahan

Keindahan berasal dari kata Indah, yang artinya bagus, baik, elok dan sebagainya . Keindahan identik dengan sesuatu yang umumnya sangat disenangi dan dikagumi masyarakat. Jadi keindahan ini merupakan objek yang abstrak, karena masing-masing orang memiliki presepsi yang unik-unik tentang keindahan namun bersifat universal.
Keindahan?
Pengertian Keindahan sangat abstrak dan sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata yang pasti . Tetapi ada beberapa pendekatan yang dilakukan oleh beberapa ahli untuk mendefinisikan apa itu keindahan .
Ada 3 artian Keindahan, yaitu :
a.      keindahan dalam arti luas
b.     keindahan dalam arti estetis murni
c.      keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Secara luas adalah, keindahan adalah kebaikan . Orang Yunani misalnya, mereka mengenal keindahan berdasarkan keindahan penglihatan. Seperti keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual. Sedangkan Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang dicerapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.
Keindahan tercipta dikarenakan faktor-faktor tertentu yang membuat manusia terinisiatif untuk menciptakan lagi agar keindahan itu tetap ada. Faktor-faktornya adalah tata nilai yang telah usang, kemerosotan zaman, penderitaan manusia dan keagungan Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar