Jumat, 15 April 2011

Manusia dan Kebudayaan

Apa yang dimaksud dengan manusia??

Dipandang dari eksistensinya, manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi kastanya di muka bumi. Apabila dibandingkan dengan semua makhluk hidup di bumi ini, manusia berbeda dari makhluk hidup lainnya di bumi ini, manusia adalah makhluk yang memiliki akal, pikiran juga selain nafsu lahiriahnya. Manusia juga makhluk sosial seperti yang dikemukakan di ilmu sosiologi, dan juga makhluk yang selalu ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan, pada ilmu ekonomi disebut sebagai homo economicus .  Selain itu, penngertian tentang manusia bisa juga ditinjau dari unsure dan  kepribadiannya.
Manusia memiliki 4 unsur yang saling terkait, yaitu : Jasad, Hayat, Ruh, Nafs . Jasad merupakan bentuk luarnya yang bisa dilihat, diraba dan dirasakan keberadaanya, Hayat adalah hidup(berkehidupan, berkegiatan), Ruh merupakan wujud spiritual dari hidup manusia itu sendiri, yang berhubungan dengan Tuhan, ruh merupakan daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang bersifat konseptual yang dari sisi itulah manusia menjadi pusat lahirna kebudayaan, dan terakhir Nafs, ini merupakan sifat ingin diakui, pengertian diri atau keakuan, kesadaran tentang dirinya sendiri.

Dari segi kepribadiannya, manusia memiliki 3 unsur kepribadian, yaitu: Id, Ego dan SuperEgo . Id merupakan libido murni atau energi psikis yang menunjukkan ciri alami dan irrasional, struktur kepribadian yang paling primitif dan paling tidak nampak, terkait dengan masalah seksualitas, ketidaksadaran. Yang kedua Ego, Ego merupakan struktur kepribadian yang pertama dibedakan dari Id, bedanya adalah Ego bisa dimengerti oleh orang lain. Terakhir, SuperEgo, dibandingkan dengan Id dan Ego yang berkembang secara Internal, Super Ego terbentuk dari lingkungan atau faktor Eksternal individu.SuperEgo muncul kira-kira pada umur lima tahun, dan SuperEgo ini menunjukkan pola aturan yang mrnghasilkan self control melalui sistem imbalan dan hukuman.
Apa yang dimaksud dengan kebudayaan?
Kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat dengan masyarakat, dimana setiap masyarakat memilikinya. Hanya saja tiap kelompok masyarakat memiliki ciri khasnya masing-masing, itu yang membedakannya. Pengertian kebudayaan banyak sekali dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya kebudayaan adalah semua hasil dari  karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, yang diperlukan manusia untuk menguasa alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk kepntingan masyarakat. Oleh Selo Soemardjan.
Para ahli mengemukakan adanya 7 unsur kebudayaan yang umum, yaitu :
  1. unsur religi
  2. sistem kemasyarakatan
  3. sistem peralatan
  4. sistem mata pencaharian hidup
  5. sistem bahasa
  6. sistem pengetahuan
  7. seni

Manusia adalah makhluk sosial, salah implementasinya adalah kebudayaan suatu mayarakat tersebut. Kita bisa memahami suatu pola hidup atau pola bertahannya suatu golongan masyarakat (suku misalnya) hanya dari menganalisa kebudayaan mereka .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar