Jumat, 15 April 2011

Manusia dan Cinta Kasih

Apa itu Cinta??
Cinta adalah rasa suka atau rasa sayang yang terasa sangat (kepada).
Menurut Dr. Sarlito W Sarwono, Cinta memiliki 3 unsur, yaitu :
1.      Keterikatan
2.      Keintiman
3.      Kemesraan
Apabila kita mencintai seseorang, pasti kita secara otomatis akan merasa ingin memiliki(posses), ingin selalu bersama dan hanya dengan orang yg kita cintai . Rasa ingin itu adalah bentuk keterikatan kita terhadap orang yang kita cintai . Keintiman ini maksudnya, ada kebiasaan-kebiasaan yang menandakan bahwa kita dengan orang yang kita cintai itu sangat dekat hubungannya, tidak asing dan hampir tidak ada jarak atau rasa sungkan layaknya dengan teman sendiri. Contoh, mempunyai dan biasa memanggil nama panggilan unik masing-masing. Kemesraan identik dengan interaksi kita terhadap orang yang kita sayangi, seperti rasa ingin menggenggam tangan, mengusap lembut kepala dan perilaku atau ucapan yang mengekspresikan rasa sayang .
Di dalam ilmu agama Islam, tepatnya tercantum di dalam  kitab suci Al-Qur’an, disebutkan adanya tiga tingkatan tentang cinta yang tersembunyi dalam jiwa manusia.
1.      Cinta Tingkat Tinggi: Ditujukan kepada Allah SWT, Rasulullah SAW dan berjihad di Jalan Allah SWT
2.      Cinta Tengkat Menengah: Ditujukan kepada orang tua, keluarga, suami/istri, anak, saudara.
3.      Cinta tingkat Rendah: Ditujukan kepada keluarga, kerabat, harta, lingkungan, tempat tinggal

Apa yang dimaksud dengan Kasih?
Kasih identik dengan memberi, menyanyangi (mengasihi), dan biasanya ‘kasih’ sangat berhubungan dengan kasih sayang, yaitu tertarik hatinya atau bisa juga menaruh rasa kasihan . Rasa kasihan bisa muncul karena kita merasa iba, ingin menolong atau ingin melindungi dan rasa tidak rela seseorang tersakiti.

Jadi, apa itu Cinta Kasih?
Pengertian cinta dan kasih tidak jauh berbeda, bahkan apabila rasa cinta itu disertai dengan kasih, akan semakin sempurnalah rasa cinta yang tercipta. Juga apabila kedua kata itu digabungkan menjadi ‘cinta kasih’, maknanya bisa menjadi rasa sayang kepada seseorang disertai dengan menaruh rasa belas kasihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar