Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas SoftSkill 2010: "Layanan Online Universitas Gunadarma"

BAAK Online Gunadarma

Link Situs : 
http://baak.gunadarma.ac.id/
http://baak.gunadarma.ac.id/imagex/head3.jpg

BAAK Online Gunadarama adalah
biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.  
Kita bisa melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan perkuliahan mahasiswa aktif Gunadarma. Beberapa contohnya antara lain Kalender Akademik, Daftar Mata Kuliah, Jadwal Kuliah dan Ujian, Daftar Dosen Pembimbing PI, dan Pengurusan FRS, KRS, serta ujian bentrok.
Kita bisa juga bisa mendapatkan infomasi tentang Administrasi Akademik di situs ini, seperti Daftar Ulang, Cuti Akademik, Pengecekan Nilai, Pindah Jadwal Lokasi dan Waktu Kuliah, dan sebagainya.

Kelebihan
 :
Situs ini sangat memudahkan mahasiswa untuk mengetahui informasi – informasi tentang perkuliahan di Gunadarma, khususnya bagi mahasiswa baru. Situs ini juga interaktif karena pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa akan dijawab langsung oleh TIM BAAK.

Saran :
Struktur ‘minimalis’ yang diterapkan pada situs BAAK Online ini membuat pengunjung situs ini kurang nyaman. Warnanya yang cenderung ‘suram’ dan font huruf yang kurang bervariasi. Akan lebih baik apabila situs yang penting ini memiliki tampilan yang lebih baik.
  SAP Gunadarma
Link Situs :
 http://sap.gunadarma.ac.id/
http://sap.gunadarma.ac.id/images/dua.gif

Dalam situs SAP Gunadarma , mahasiswa bisa mendownload rincian pembagian materi dari setiap masing-masing mata kuliah setiap kali pertemuan serta bisa mengetahui buku-buku acuan untuk belajar.

Kelebihan :
Tampilannya cukup menarik.

Saran :
Akan lebih bagus apabila
pembagian materi tiap jurusan di kelompokan per-Kelas.
sehingga mahasiswa kesalahan dalam mendownload materi bisa dihindari oleh mahasiswa.


StudentSite Gunadarma
Link Situs :
 http://studentsite.gunadarma.ac.id/
http://studentsite.gunadarma.ac.id/phpgwapi/templates/idots/imagex/logo.gif

Studentsite Gunadarma (Student Locker) adalah situs yang wajib dimiliki oleh mahasiswa aktif Gunadarma. Karena melalui situs ini mahasiswa bisa ‘mengumpulkan’ tugas tugas mata kuliah SoftSkill.

Kelebihan :
Mahasiswa bisa langsung mendapatkan informasi tentang tugas-tugas dari BAAK Online sesuai dengan data akun masing-masing. Mahasiswa tidak perlu mencari data sendiri di kolom Search dan menyebutkan Nama, NPM/KELAS terlebih dahulu.

Saran:
Diperlukan
base yang lebih bisa menghandle pengunjung yang banyak.  Karena pada jam-jam tertentu situs ini susah sekali untuk diakses. Khususnya pada hari-hari masuk kuliah.


UG Community
Link Situs :
 http://community.gunadarma.ac.id/
http://community.gunadarma.ac.id/file/style/social2/logo.jpg


UG Community merupakan tempat berbagi informasi sesama komunitas mahasiswa gunadarma.
Situs ini memiliki fitur-fitur yang menarik seperti forum yang tidak hanya memungkinkan mahasiswa untuk bertukar informasi, hobi dan ilmu, juga bisa untuk tempat ngobrol bebas.

Kelebihan :
Fitur Komunitas seperti Forum dan Blogs sangat bermanfaat bagi yang ingin mencari dan sharing informasi.
Ditambah lagi terdapat fitur seperti UG'Radio, UG Tube yang membuat situs ini lebih menarik untuk sering sering dikunjungi dan mengembangkan kreativitas mahasiswa, karena mahasiswa bisa mengupload video buatan sendiri.


 Saran:
Untuk kenyamanan yang lebih bagi pengunjung, UG Community membutuhkan seorang Admin yang bisa menghandle Sub-Sub forum.



eLearning Gunadarma
Link Situs :
 http://elearning.gunadarma.ac.id/
http://elearning.gunadarma.ac.id/templates/ja_bellatrix/images/logo.jpg

eLearning Guandarma merupakan metode pembelajaran jarak jauh dengan memaanfaatkan teknologi informasi. Situs ini memuat e-book tentang materi perkuliahan.

Kelebihan :
Mahasiswa bisa belajar melalui komputer karena di  situs ini menyediakan e-book materi yang bisa diunduh (download)

Saran:
E-Book dan Materi yang disediakan perlu ditambah terus dan dikelompokan untuk masing-masing jurusan untuk mempermudah pencarian.
Sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari materi dan e-book.

Sumber : http://gegehare.blogspot.com/2010/10/tugas-softskill-oktober-2010-review.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar